Ada Beberapa jenis Jenis-jenis Transen-Valuta Yang Terjadi Di Pasar Valas, Yaitu Spot, Vorwärts, Dan Swap Hanafi 2004.1 Transaktion Spot Transaksi Spot. Transaksi Spot merupakan transaksi valuta asing dengan penyerahan dan pembayaran saat itu juga, meskipun dalam praktek transaksi spot akan diselesaikan Pada dua hari kerja berikutnya Misalnya kontrak jual beli suatu mata uang vor Ort dilakukan atau ditutup pada tanggal 10 agustus 2007, penyerahan dan penyelesaian kontrak tersebut dilakukan pada tanggal 12 agustus 2007, apabila tanggal 12 agustus 2007 tersebut kebetulan hari libur atau hari sabtu maka penyelesaiannya adalah pada Hari kerja berikutnya dan penyelesaian transaksi seperti ini krankheit Wert Datum Penyerahan dana dalam transaksi spot pada dasarnya dapat dilakukan dalam beberapa cara berikut ini Kuncoro 2001.a Bargeld, yaitu penyerahan dana dilakukan pada tanggal hari yang sama dengan tanggal hari diadakannya transaksi kontrak. b Tom kependekan Dari morgen, yaitu penyerahan d Ana dilakukan pada hari kerja berikutnya atau hari kerja setelah diadakannya kontrak. c Spot, yaitu penyerahan dilakukan dua hari kerja setelah tanggal transaksi.2 Vorwärts Transaktion Transaksi berjangka. Transaksi vorwärts merupakan transaksi valuta asing dengan penyerahan pada beberapa waktu mendatang sejumlah mata uang tertentu berdasarkan sejumlah Mata uang tertentu yang lain Kurs dalam transaksi vorwärts ditentukan di muka sedangkan penyerahan dan pembayaran dilakukan beberapa waktu mendatang pada saat kontrak jatuh tempo. Transaksi vorwärts ini biasanya sering digunakan untuk tujuan hedging dan spekulasi Hedging atau pemagaran resiko yaitu transaksi yang dilakukan semata-mata untuk menghindari Resiko kerugian akibat terjadinya perubahan kurs.3 Swap Transaktion Transaksi Swap. Yaitu transaksi pembelian dan penjualan bersamaan sejumlah tertentu mata uang dengan 2 tanggal valuta penyerahan yang berbeda Pembelian dan penjualan mata uang tersebut dilakukan pada bank lain yang sama Jenis tran Saksi swap yang umum adalah spot terhadap vorwärts dealer membeli suatu mata uang dengan transaksi spot dan secara simultan menjual kembali jumlah yang sama kepada bank lain yang sama dengan kontrak vorwärts Karena itu dilakukan sebagai suatu transaksi tunggal dengan bank lain yang sama, händler tidak akan menghadapi resiko Valas yang tidak diperkirakan. Seperti dijelaskan diatas bahwa pada prinsipnya transaksi swap merupakan transaksi tukar pakai suatu mata uang untuk jangka waktu tertetu Transaksi Swap berbeda dengan transaksi vor Ort vorwärts Dalam mekanisme tauschen, terjadi dua transaksi sekaligus dalam waktu yang bersamaan yaitu menjual dan membeli Penggunaan transaksi Tauschen sebenarnya dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan timbulnya kerugian yang disebabkan oleh perubahan kurs suatu mata uang Swap dapat dilakukan antara nasabah dengan banknya dan antara bank dengan bank Indonesien disebut reswap Pemberian fasilitas reswap tersebut dilakukan atas dasar swap point yang ditetapkan oleh bank Tauschen antara bank dengan BI antara lain. a Swap likuiditas, yaitu swap yang dilakukan atas inisiatif BI untuk dana yang berasal dari pinjaman luar negeri Posisi likuiditas ini untuk setiap bank maksimum 20 dari modal bank tersebut. b Swap investasi, yaitu swap yang dilakukan atas inisiatif Bank berdasarkan swap dengan nasabah yang adanya berasal dari pinjaman luar negeri untuk keperluan investasi di Indonesien. c Perbedaan dari Ketga jenis Transaksi di Atas Adalah Bahwa Swap Terjadi Dua Transaksi Pada Saat Yang Sama Doppel Transaktion, Yaitu Jual Beli Atah Beli Dan Jual Sedangkan Pada Spot Dan Vorwärts hanya terjadi satu kali transaksi saja eine einzelne transaktion, yaitu jual beli saja.4 Option Transaktion Transaksi Opsi. Transaksi Opsi merupakan kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah Einheit valuta asing pada harga dan jangka waktu Tertentu. Di Postkan oleh Juni Triyana. FBS Indonesien FBS ASIAN adalah salah satu Gruppe Bro Ker Forex Trading FBS Markets Inc Yang Ada di ASIA Dimana Kami Adalah Online-Support-Partner Fbs Perwakilan Yang Sah Dipercayakan Oleh Perusahaan FBS Untuk Melayani Semi Klien Fbs Di Asien Serta Fbs Yang Ada Di Indonesien ------------- ---- Kelebihan Broker Forex FBS 1 FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100 SETIAP DEPOSIT ANDA 2 FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN 3 SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD 4 GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100 5 DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesien dan banyak lagi yang lainya Buka akun anda di ----------------- Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui Tlp 085364558922 BBM fbs2009.Terima kasih atas informasi yang telah und a berikan, semoga sukses selalu. Hi Mein Name ist Andrew Ich schreibe diesen Brief im Namen der Gruppe von Firmen, die mit NewForex bezeichnet sind. Wir möchten Partnerschaft mit Ihnen besprechen. Bitte kontaktieren Sie mich. Meine Kontakte Mail Skype. aTiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini Buchung di Aja CEPAT, HARGA TERJANGKAU. Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat Yang memiliki poteni penghasilan tanpa batas Bergabung segera di. INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI Keine Handphone 085365566333 PIN 5A298D36.Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. Hi Mein Name ist Andrew, ich vertrete NewForex Brokerage Firma Wir möchten Um Partnerschaft mit Ihnen zu besprechen Bitte kontaktieren Sie mich. Meine Kontakte Mail Skype. FBS Indonesien Broker Terbaik Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS, bergabung sekarang juga dengan Kami Handel Forex ----------------- Kelebihan Broker Forex FBS 1 FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100 SETIAP DEPOSIT ANDA 2 SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan 3 DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesien Dan Banyak Lagi Yang Lainya. Buka akun anda di ------------ ----- Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui Tlp 085364558922 BBM D04A8185. Tempat belajar handel forex bersama omahcoin dan lebih mudah untuk pemula memahami dan mendapatkan keuntungan juga bonus deposit mencapai 50.Selamat Siang, saya sudah membaca blog unda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama Affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di dan saya akan Mitgliedschaft informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini Terima Kasih dan salam sukses untuk anda. Saya Nabilla manajer Programm afiliasi untuk Grup InstaForex Kami ingin Menawarkan kerjasama programm afiliasi yang memungkinkan Anda mendapatkan 15-53 dari setiap viel pasar standar pelanggan Anda Jika Anda tertarik, silahkan hubungi saya dan saya akan memberikan rincian. InstaForex memberikan semua mitra dengan peluang berikut.- SUB-IB Programm - menarik mitra dan mendapatkan komisi Dari klien sub IB anda - Jangkauan terluas mater Ich verspreche dich, dass ich dich nicht kenyamanan Anda - Bonus kupon untuk mendorong pedagang - Kampanye - 500 Afiliasi Belohnung - Hadiah untuk mitra undian dari Gadget Handy iPad, iPhone, Blackberry, atau Samsung Galaxy Tab - Berbagai pilihan sistem pembayaran untuk Konto pengisian dan penarikan dana - Dukungan dan pendekatan einzeln untuk setiap mitra. Menjadi afiliasi sekarang dan mendapatkan materi informasi untuk situs web Anda dengan link afiliasi terintegrasi Kami akan senang untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan Denne Anda Terima kasih. Dengan Hormat, Nabilla Partner Abteilung Counsultant. Skype Nabilla IFX Facebook Nabillaifx WA 08119071333.Hukum Trading Forex Menurut MUI Halal atau Haram Mengingat Banyaknya Yang Mempertanyakan apa Hukum Handel Forex MenurutIslam Meski Sudah Banyak Dikupas Maka Berikut Ini Saya Veröffentlichen artikel Dari Gainscope Tentang FATWA MUI T ENTANG TRADING FOREX Di luar sana berkembang juga pendapat yang bersebarangan dengan fatwa MUI ini di mana mereka tetap berpendirian pada bahwa handel forex adalah HARAM dengan hujjah argumen yang mereka pegangi Keputusan berpulang pada dan ada di Tangan Anda Selamat membaca. Fatwa MUI Tentang Jual Beli Mata Uang ALT SHARF Pertanyaan Yang Pasti Ditanyakan Oleh Setiap Trader di Indonesien.1 Apakah Trading Forex Haram.2 Apakah Trading Forex Halal.3 Apakah Trading Forex Diperbolehkan Dalam Agama Islam.4 Apakah SWAP itu. Mari Kita Bahas Dengan Artikel Yang Pertama. Forex Dalam Hukum IslamDalam bukunya Prof Drs Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islam, diperoleh bahwa Forex Perdagangan Valas diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbul karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhan komoditi antar negara yang bersifat internasional Perdagangan Ekspor-Impor ini tentu Memerlukan alat bayar yaitu UANG yang masing-masing negara mempunyai ketentuan Sendiri dan berbeda satu sama lainnya sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN NILAI MATA UANG antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar negara terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan Nilai Mata uang suatu negara dengan negara lainnya ini berubah berfluktuasi setiap saat sesuai volume permintaan dan penawarannya Adanya permintaan dan penawaran inilah yang menimbulkan transaksi mata uang Yang secara nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS.1 Ada Ijab - Qobul --- Ada perjanjian untuk memberi dan menerima. Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan Pembeli dan penjual mempunyai wewenang penuh melaksanakan dan melakukan tindakantindakan hukum dewasa dan berpikiran sehat.2 Memenuhi syarat menjadi objek transaksi Jual - beli yaitu. Suci barangnya bukan najis Dapat dimanfaatkan Dapat Jelas barang dan harganya Dijual diserahterimakan dibeli Oleh pemiliknya sendiri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Mohammed Isa, bahwa JUAL beli saham ITU diperbolehkan dalam agama . Jangan Kamu Membeli ikan Dalam Luft, Karena Sesungguhnya Jual Beli Yang Demikian Itu Mengandung Penipuan. Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Mas ud. Jual beli barang yang tidak di tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat harus diterangkan sifatsifatnya atau ciri-cirinya Kemudian jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya Tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak Khiyar, artinya boleh meneruskan atau membatalkan jual belinya Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah. Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia telah melihatnya. Jual beli hasil tanam yang masih terpendam, seperti Ketela, kentang, bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika harus mengeluarkan semua hasil tanaman yang terpendam untuk dijual Hal ini sesuai dengan kaidah hukum Islam. Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang Yang telah terbungkus tertutup, seperti makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, as Alkam diberi etikett yang menerangkan isinya Vide Sabiq, op cit hal 135 Mengenai teks kaidah hukum Islam tersebut di atas, Al Suyuthi, Al Ashbah wa al Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal 55.JUAL BELI VALUTA ASING DAN SAHAM. Yang dimaksud Dengan valuta asing adalah mata uang luar negeri seperi dolar Amerika, poundsterling Inggris, ringgit Malaysia dan sebagainya Apabila antara negara terjadi perdagangan internasional maka tiap negara membutuhkan valuta asing untuk alat bayar luar negeri yang dalam dunia perdagangan krankheit devisa Misalnya eksportir Indonesien akan memperoleh devisa dari hasil Ekspornya, sebaliknya importir Indonesien memerlukan devisa untuk mengimpor dari luar negeri. Dengan demikian akan timbul penawaran dan perminataan di bursa valuta asing setiap negara berwenang penuh menetapkan kurs uangnya masing-masing kurs adalah perbandingan nilai uangnya terhadap mata uang asing misalnya 1 dolar Amerika Rp 12 000 Namun kurs uang atau perbandingan nilai tukar setiap saat Bisa berubah-ubah, tergantung pada kekuatan ekonomi negara masing-masing Pencatatan kurs uang dan transaksi jual beli valuta asing diselenggarakan di Bursa Valuta Asing AWJ Tupanno, et al Ekonomi dan Koperasi, Jakarta, Depdikbud 1982, hal 76-77.FATWA MUI TENTANG PERDAGANGAN VALAS. Fatwa Dewan Syari ah Nasional Majelis Ulama Indonesien. No 28 DSN-MUI III 2002 tentang Jual Beli Mata Uang Al-Sharf. a Bahwa dalam sejumlah kegiatan untuk memenuhi berbagai keperluan, seringkali diperlukan. transaksi jual-beli mata uang al-sharf, Baik antar mata uang sejenis maupun antar mata uang berlainan jenis. b Bahwa dalam urf tijari tradisi perdagangan transaksi jual beli mata uang dikenal beberapa. bentuk transaksi yang status hukumnya dalam pandangan ajaran Islam berbeda antara satu bentuk dengan bentuk lain. c Bahwa agar kegiatan transaksi tersebut Dilakukan sesuai dengan ajaran Islam, DSN memandang perlu menetapkan fatwa tentang al-Sharf untuk dijadikan pedoman.1 Firman Allah, QS Al-Baqarah 2 275 Dan Alle Ah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.2 Hadis nabi riwayat al-baihaqi dan Ibnu Majah dari Abu Sa id al-Khudri Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya jual beli itu hanya boleh dilakukan atas dasar kerelaan antara kedua belah pihak HR albaihaqi dan Ibnu Majah, Dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban.3 Hadis Nabi Riwayat Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa i, dan Ibn Majah, dengan teks Muslim dari Ubadah bin Shamit, Nabi sah bersabda Juallah emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, sya Ir. Sai ir, kurma dengan kurma, dan garam dengan garam denga syarat harus sama dan sejenis serta secara tunai Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan secara tunai.4 Hadis Nabi riwayat Muslim, Tirmidzi, Nasa i, Abu Daud, Ibnu Majah, Dan Ahmad, Dari Umar bin Khattab, Nabi sah bersabda Jual-Beli emas dengan perak adalah riba kecuali dilakukan secara tunai.5 Hadis Nabi riwayat Muslim Dari Abu Sa id al-Khudri, Nabi sah Bersabda Janganlah kamu menjual emas Denai emas kecuali sama nilainya dan janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang lain janganlah menjual perak dengan perak kecuali sama nilainya dan janganlah menambahkan sebagaian atas sebagian yang lain dan janganlah menjual emas dan perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai.6 Hadis Nabi riwayat Muslim Dari Bara Bin Azib dan Zaid bin Arqam Rasulullah sah melarang menjual perak dengan emas secara piutang tidak tunai.7 Hadis Nabi riwayat Tirmidzi dari Amr bin Auf Perjanjian dapat dilakukan di antara kaum muslimin, kecuali perjanjian yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram dan kaum muslimin terikat dengan Syman-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram.8 Ijma Ulama sepakat ijma bahwa akad al-sharf disyariatkan dengan syarat-syarat tertentu.1 Surat dari pimpinah Einheit Usaha Syariah Bank BNI nein UUS 2 878.2 Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syari ah Nasional pada Hari Kamis, Tanggal 14 Muharram 1423H 28 Maret 2 002.Dewan Syari ah Nasional Menetapkan FATWA TENTANG JUAL BELI MATA UANG AL-SHARF. Pertama Ketentuan Umum. Transaksi jual beli mata uang pada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut.1 Tidak untuk spekulasi untung-untungan.2 Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga - Jaga simpanan.3 Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama dan secara tunai at-taqabudh.4 Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar kurs yang berlaku pada saat transaksi dan secara tunai. Kedua Jenis-jenis transaksi Valuta Asing. 1 Transaksi SPOT, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valuta asing untuk penyerahan pada saat itu über den counter atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai proses penyelesaian yang tidak bisa dihindari dan merupakan Transaksi internasional.2 Transaksi VORWÄRTS, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valas yang nilainya dit Etapkan pada saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 2x24 jam sampai dengan satu tahun Hukumnya adalah haram, karena harga yang digunakan adalah harga yang diperjanjikan muwa adah dan penyerahannya dilakukan di kemudian hari, padahal harga pada waktu penyerahan tersebut belum tentu sama dengan Nilai yang disepakati, kecuali dilakukan dalam bentuk vorwärts vereinbarung untuk kebutuhan yang tidak dapat dihindari lil hajah.3 Transaksi SWAP yaitu suatu kontrak pembelian atau penjualan valas dengan harga spot yang dikombinasikan dengan pembelian antara penjualan valas yang sama dengan harga vorwärts Hukumnya haram, karena mengandung unsur Maisir spekulasi.4 Transaksi OPTION yaitu kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unit valuta asing pada harga dan jangka waktu atau tanggal akhir tertentu Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir spekulasi. Ketiga Fatwa ini berlaku sejak Tanggale ditetapka N, dengan ketentuan jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di Jakarta. Tanggal 14 Muharram 1423 H 28 Maret 2002 M. DEWAN SYARI AH NASIONAL - MAJELIS ULAMA INDONESIEN. Tulisan Lain Yang Menguatkan Adalah Sebagaimana Ditulis Oleh Dr. Mohammed Obaidullah di bawah ini tentang ISLAMIC FOREX TRADING.1 Die grundlegenden Austauschkontrakte Es gibt einen allgemeinen Konsens unter islamischen Juristen, da die Währungen der verschiedenen Länder an einer Stelle mit einer anderen Rate als der Einheit ausgetauscht werden können, da Währungen unterschiedlicher Länder sind unterschiedliche Einheiten mit unterschiedlichen Werten oder intrinsischen Wert und Kaufkraft Es scheint auch eine allgemeine Vereinbarung unter einer Mehrheit der Gelehrten zu sehen, dass die Devisenbörse auf einer Forward - Basis nicht zulässig ist, dh wenn die Rechte und Pflichten von Beide Parteien beziehen sich auf ein zukünftiges Datum Allerdings gibt es erhebliche Meinungsverschiedenheit unter den Juristen, wenn die Rechte von Entweder eine der Parteien, die gleich wie die Verpflichtung der Gegenpartei ist, wird auf ein zukünftiges Datum verschoben. Um zu erarbeiten, betrachten wir das Beispiel von zwei Individuen A und B, die zu zwei verschiedenen Ländern gehören, Indien und US bzw. A beabsichtigt Verkaufe indische Rupien und kaufen US-Dollar Das Umgekehrte gilt für B Der Rup-Dollar-Wechselkurs vereinbart ist 1 20 und die Transaktion beinhaltet Kauf und Verkauf von 50 Die erste Situation ist, dass A eine Spotzahlung von Rs1000 zu B und akzeptiert Zahlung Von 50 aus B Die Transaktion wird von beiden Seiten auf einer Spot-Basis abgewickelt. Diese Transaktionen sind gültig und islamisch zulässig Es gibt keine zwei Meinungen über die gleiche Die zweite Möglichkeit besteht darin, dass die Abwicklung der Transaktion von beiden Enden auf ein zukünftiges Datum verzichtet wird Nach sechs Monaten ab jetzt bedeutet dies, dass sowohl A als auch B die Zahlung von Rs1000 oder 50 annehmen und akzeptieren werden, je nach Fall nach sechs Monaten. Die vorherrschende Ansicht ist, dass ein solcher Vertrag nicht islamisch zulässig ist Ible Eine Minderheitssicht hält es für zulässig Das dritte Szenario ist, dass die Transaktion teilweise nur von einem Ende abgewickelt wird. Beispielsweise macht A eine Zahlung von Rs1000 jetzt an B anstelle eines Versprechens von B, um ihm nach sechs Monaten 50 zu zahlen. A akzeptiert jetzt 50 aus B und verspricht, ihm nach sechs Monaten Rs1000 zu bezahlen. Es gibt diametral entgegengesetzte Ansichten über die Zulässigkeit solcher Verträge, die in Währungen bai-salam sind. Ziel dieses Papiers ist es, eine umfassende Analyse verschiedener Argumente vorzustellen Unterstützung und gegen die Zulässigkeit dieser Grundverträge mit Währungen Die erste Vertragsform, die den Austausch von Gegenwerten vor Ort durchführt, liegt außerhalb jeglicher Art von Kontroverse. Erlaubnis oder anderweitig der zweiten Art des Vertrages, bei der die Lieferung eines der Gegenwerte aufgeschoben wird Ein zukünftiges Datum, wird im Rahmen des Riba-Verbots allgemein diskutiert. Dementsprechend diskutieren wir diesen Vertrag im Detail in Abschnitt 2, der Witz handelt H die Frage des Verbots von Riba Die Zulässigkeit der dritten Vertragsform, in der die Auslieferung der beiden Gegenwerte aufgeschoben wird, wird im Rahmen der Verringerung von Risiken und Unsicherheiten oder Gharar, die an solchen Verträgen beteiligt sind, allgemein diskutiert. Dies ist daher das zentrale Thema von Abschnitt 3, der sich mit der Frage von gharar beschäftigt Abschnitt 4 versucht eine ganzheitliche Sicht auf die Scharia bezieht sich auch auf die ökonomische Bedeutung der Grundformen der Vertragsgestaltung auf dem Devisenmarkt 2 Die Frage des Riba-Verbots Die Divergenz der Ansichten1 über die Zulässigkeit oder auf andere Weise Von Devisentermingeschäften in Währungen kann in erster Linie auf die Frage des Riba-Verbots zurückgeführt werden. Die Notwendigkeit, Riba in allen Formen von Devisenverträgen zu beseitigen, ist von größter Bedeutung Riba in seinem Scharia-Kontext wird allgemein definiert2 als ein rechtswidriger Gewinn aus der quantitativen Ungleichheit der Gegenwerte in einer Transaktion, die den Austausch von zwei oder mehr Arten anwa, die zu den s gehören, bewirken Ame-Gattung Jins und werden von der gleichen effizienten Ursache geregelt illa Riba ist in der Regel in Riba al-Fadl Überschuss und Riba al-Nasia Deferment, die einen rechtswidrigen Vorteil durch Überschuss oder Aufschub behaupten bzw. Unverbesserung der ersteren wird durch eine Bestimmung, die Der Wechselkurs zwischen den Objekten ist Einheit und kein Gewinn ist für beide Parteien zulässig Die letztere Art von Riba ist verboten, indem sie eine aufgeschobene Abwicklung verweigert und sicherstellt, dass die Transaktion von beiden Parteien an Ort und Stelle abgewickelt wird. Eine andere Form von Riba heißt Riba al - jahiliyya oder vor-islamischen Riba, die Oberflächen, wenn der Kreditgeber fragt den Kreditnehmer am Fälligkeitstag, wenn die letzteren würde die Schulden begleichen oder erhöhen die gleiche Zunahme begleitet von Aufladung Zinsen auf die Menge anfänglich ausgeliehen. Das Verbot von Riba im Austausch von Währungen, die zu verschiedenen Ländern gehören, erfordert einen Prozess der Analogie qiyas Und in einer solchen Übung mit Analogie qiyas, effiziente Ursache illa pla Ys eine äußerst wichtige Rolle Es ist eine gemeinsame effiziente Ursache illa, die den Gegenstand der Analogie mit ihrem Subjekt verbindet, in der Ausübung der analogen Argumentation Die entsprechende effiziente Ursache illa bei Austauschverträgen wurde von den Hauptschulen von Fiqh unterschiedlich definiert Dieser Unterschied spiegelt sich in der analogen Argumentation für Papierwährungen, die zu verschiedenen Ländern gehören. Eine Frage von beträchtlicher Bedeutung im Prozess der analogen Argumentation bezieht sich auf den Vergleich zwischen Papierwährungen mit Gold und Silber In den frühen Tagen des Islam, Gold und Silber alle durchgeführt Die Funktionen des Geldes Thaman Währungen wurden aus Gold und Silber mit einem bekannten intrinsischen Wert Quantum aus Gold oder Silber in ihnen enthalten Diese Währungen sind beschrieben als thaman haqiqi, oder naqdain in Fiqh Literatur Diese waren allgemein akzeptabel als Hauptmittel des Tausches, Rechnungswesen Ein großes Stück von Transaktionen Viele andere Rohstoffe, wie zB verschiedene minderwertige Metalle al Also als Mittel des Austausches gedient, aber mit eingeschränkter Akzeptanz Diese werden als Fals in der Fiqh-Literatur beschrieben. Diese sind auch als Thaman istalahi bekannt wegen der Tatsache, dass ihre Akzeptanz nicht aus ihrem intrinsischen Wert stammt, sondern aufgrund des Status, der von der Gesellschaft während der Zeit gegeben wird Eine bestimmte Zeitspanne Die obigen zwei Währungsformen wurden von den frühen islamischen Juristen vom Standpunkt der Zulässigkeit der Verträge, die sie betreffen, sehr unterschiedlich behandelt. Die Frage, die gelöst werden muss, ist, ob die gegenwärtigen Alterspapierwährungen unter die ehemalige Kategorie fallen oder die Letzteres Eines ist, daß diese mit dem thaman haqiqi oder Gold und Silber gleich behandelt werden sollten, da diese als das Hauptmittel des Tausches und der Rechnungseinheit wie die letzteren dienen, also durch eine analoge Begründung alle Scharia-bezogenen Normen und Unterlassungen anwendbar Zu thaman haqiqi sollte auch auf Papier währung Austausch von thaman haqiqi ist bekannt als bai-sarf, und daher die Transaktionen i N Papierwährungen sollten von den für die Bai-Seeder relevanten Scharia-Regeln geregelt werden. Die gegenteilige Ansicht behauptet, dass Papierwährungen in ähnlicher Weise wie Fals oder Thaman Istalahi behandelt werden sollten, weil ihr Nennwert sich von ihrem intrinsischen Wert unterscheidet. Ihre Akzeptanz Stammt aus ihrem rechtlichen Status innerhalb des heimischen Landes oder der globalen ökonomischen Bedeutung, wie im Fall von US-Dollar, zum Beispiel.2 1 Eine Synthese alternativer Ansichten.2 1 1 Analoges Argumentieren Qiyas für Riba Prohibition. Das Verbot von Riba basiert auf der Tradition Daß der heilige Prophet Friede auf ihm sagte, Gold für Gold, Silber für Silber, Weizen für Weizen, Gerste für Gerste, Datum für Datum, Salz für Salz, in gleichen Mengen an der Stelle und wenn die Waren anders sind, verkaufen als Es passt zu Ihnen, aber an der Stelle So gilt das Verbot der Rippe in erster Linie für die beiden Edelmetalle Gold und Silber und vier andere Rohstoffe Weizen, Gerste, Datteln und Salz. Es gilt auch, in Analogie q Iyas zu allen Arten, die von der gleichen effizienten Ursache illa regiert werden oder die zu irgendeinem der Gattungen der sechs in der Tradition zitierten Gegenstände gehören, gibt es jedoch keine allgemeine Übereinstimmung zwischen den verschiedenen Schulen von Fiqh und sogar Gelehrten, die dazu gehören Schule auf die Definition und Identifizierung der effizienten Ursache illa von riba. For die Hanafis, effiziente Ursache illa von Riba hat zwei Dimensionen der ausgetauschte Artikel gehören zu den gleichen Gattung Jins diese besitzen Gewicht Wazan oder Messbarkeit kiliyya Wenn in einem gegebenen Austausch, die beiden Elemente Von effizienter Ursache illa vorhanden sind, dh die ausgetauschten Gegenwerte gehören zu denselben Gattungsspitzen und sind alle abwägbar oder alle messbar, dann ist kein Gewinn zulässig, der Wechselkurs muss gleich der Einheit sein und der Austausch muss vor Ort sein Fall von Gold und Silber, die beiden Elemente der effizienten Ursache illa sind Einheit der Gattung Jins und Gewichtung Dies ist auch die Hanbali Ansicht nach einer Version3 Eine andere Version ist Ähnlich wie die Shafii - und Maliki-Ansicht, wie unten diskutiert. Wenn Gold für Gold ausgetauscht wird oder Silber gegen Silber ausgetauscht wird, sind nur Spot-Transaktionen ohne Gewinn zulässig. Es ist auch möglich, dass in einem gegebenen Austausch eines der beiden Elemente Von effizienter Ursache illa vorhanden ist und die andere fehlt Zum Beispiel, wenn die ausgetauschten Artikel alle abwägbar oder messbar sind, aber zu verschiedenen Gattungsspitzen gehören oder wenn die ausgetauschten Artikel zu denselben Gattungsspitzen gehören, aber weder abwägt noch messbar sind, dann austauschen Gewinne, die sich von der Einheit unterscheiden, ist zulässig, aber der Austausch muss auf der Stelle sein. Wenn also Gold für Silber ausgetauscht wird, kann sich die Rate von der Einheit unterscheiden, aber keine aufgeschobene Abrechnung ist zulässig Wenn keines der beiden Elemente der effizienten Ursache Illa von Riba sind in einer gegebenen Börse vorhanden, dann keine der Unterlassungsansprüche für Riba Verbot gelten Austausch kann mit oder ohne Gewinn und sowohl auf einer Stelle oder aufgeschoben Basis stattfinden Fall von Austausch mit Papierwährungen, die zu verschiedenen Ländern gehören, würde das Riba-Verbot eine Suche nach einer effizienten Ursache erfordern. Währungen, die zu verschiedenen Ländern gehören, sind deutlich voneinander getrennte Einheiten, die gesetzliche Ausschreibung innerhalb bestimmter geografischer Grenzen mit unterschiedlichem intrinsischem Wert oder Kaufkraft sind. Daher eine große Mehrheit Von Gelehrten vielleicht zu Recht behaupten, dass es keine Einheit von Gattungsjins gibt. Darüber hinaus sind diese weder abwägert noch messbar. Dies führt zu einer direkten Schlussfolgerung, dass keines der beiden Elemente der effizienten Ursache illa von Rippen in einem solchen Austausch existiert. Daher kann der Austausch stattfinden Frei von jeglicher Unterlassung über den Wechselkurs und die Art der Abwicklung Die Logik, die dieser Position zugrunde liegt, ist nicht schwer zu verstehen. Der intrinsische Wert der Papierwährungen, die zu verschiedenen Ländern gehören, unterscheiden sich, da diese unterschiedliche Kaufkraft haben. Zusätzlich ist der innere Wert oder Wert des Papiers Währungen können nicht identifiziert werden oder ass Im Gegensatz zu Gold und Silber, die gewogen werden können. Daher kann weder die Anwesenheit von Riba al-fadl mit überschüssigem, noch Riba al-nasia durch Stundung festgestellt werden. Die Shafii-Schule von Fiqh betrachtet die effiziente Ursache illa im Falle von Gold und Silber zu Sei ihr Eigentum der Währung thamaniyya oder das Medium des Umtausches, Rechnungseinheit und Wertschöpfung Dies ist auch die Maliki-Ansicht Nach einer Version dieser Ansicht, auch wenn Papier oder Leder das Medium des Austausches gemacht wird und den Status erhält Der Währung, dann gelten alle Regeln, die sich auf naqdain beziehen, oder Gold und Silber gelten für sie So ist nach dieser Fassung der Austausch, der Währungen verschiedener Länder mit einer anderen Rate als der Einheit einschließt, zulässig, muss aber auf einer Spot-Basis abgewickelt werden Der oben genannten zwei Schulen des Denkens ist, dass die oben zitierte effiziente Ursache illa der Währung thamaniyya ist spezifisch für Gold und Silber, und kann nicht verallgemeinert werden, das ist, jedes andere Objekt, wenn als ein Medium von Excha verwendet Ng, können nicht in ihre Kategorie aufgenommen werden. Daher sind nach dieser Fassung die Scharia - Unterlassungsansprüche für das Riba - Verbot nicht auf Papierwährungen anwendbar. Währungen, die zu verschiedenen Ländern gehören, können mit oder ohne Gewinn ausgetauscht werden, und zwar sowohl auf einer Stelle als auch auf einer verzögerten Basis Die frühere Fassung zitiert den Fall des Austausches von Papierwährungen, die demselben Land zur Verteidigung ihrer Fassung angehören. Die Konsensaussage der Juristen in diesem Fall ist, dass diese Umtausch ohne Gewinn oder in gleicher Höhe gleich sein muss und beurteilt werden muss Eine Spot-Basis Was ist die Begründung, die der obigen Entscheidung zugrunde liegt Wenn man die Hanafi und die erste Version der Hanbali-Position betrachtet, dann ist in diesem Fall nur eine Dimension der effizienten Ursache illa vorhanden, dh sie gehören zu denselben Gattungsspitzen Aber Papierwährungen sind weder abwägert noch messbar. Daher könnte das Hanafi-Gesetz anscheinend den Austausch von unterschiedlichen Mengen der gleichen Währung an Ort und Stelle erlauben Die effiziente Ursache der Währung thamaniyya ist nur für Gold und Silber spezifisch, dann Shafii und Maliki Gesetz würde auch erlauben, die gleiche Unnötig zu sagen, dies bedeutet, dass Riba-basierte Kreditaufnahme und Kreditvergabe Dies zeigt, dass es die erste Version der Shafii und Maliki dachten, die der Konsensentscheidung des Gewinnverbots und der aufgeschobenen Abwicklung im Falle des Austausches von Währungen, die zu demselben Land gehören, zugrunde liegen. Nach den Befürwortern würde die Ausweitung dieser Logik auf den Austausch von Währungen verschiedener Länder den Austausch mit dem Gewinn oder an a rate different from unity is permissible since there no unity of jins , but settlement must be on a spot basis.2 1 2 Comparison between Currency Exchange and Bai-Sarf. Bai-sarf is defined in Fiqh literature as an exchange involving thaman haqiqi, defined as gold and silver, which served as the principal medium of exchange for almost all major transactions. Proponents of the view that any exchange of currencies of different countries is same as bai-sarf argue that in the present age paper currencies have effectively and completely replaced gold and silver as the medium of exchange Hence, by analogy, exchange involving such currencies should be governed by the same Sharia rules and injunctions as bai-sarf It is also argued that if deferred settlement by either parties to the contract is permitted, this would open the possibilities of riba-al nasia. Opponents of categorization of currency exchange with bai-sarf however point out that the exchange of all forms of currency thaman cannot be termed as bai-sarf According to this view bai-sarf implies exchange of currencies made of gold and silver thaman haqiqi or naqdain alone and not of money pronounced as such by the state authorities thaman istalahi The present age currencies are examples of the latter kind These scholars find support in those writings which assert that if the commodities of exchange are not gold or silver, even if one of these is go ld or silver then, the exchange cannot be termed as bai-sarf Nor would the stipulations regarding bai-sarf be applicable to such exchanges According to Imam Sarakhsi4 when an individual purchases fals or coins made out of inferior metals, such as, copper thaman istalahi for dirhams thaman haqiqi and makes a spot payment of the latter, but the seller does not have fals at that moment, then such exchange is permissible taking possession of commodities exchanged by both parties is not a precondition while in case of bai-sarf, it is A number of similar references exist which indicate that jurists do not classify an exchange of fals thaman istalahi for another fals thaman istalahi or gold or silver thaman haqiqi , as bai-sarf. Hence, the exchanges of currencies of two different countries which can only qualify as thaman istalahi can not be categorized as bai-sarf Nor can the constraint regarding spot settlement be imposed on such transactions It should be noted here that the definition of ba i-sarf is provided Fiqh literature and there is no mention of the same in the holy traditions The traditions mention about riba, and the sale and purchase of gold and silver naqdain which may be a major source of riba, is described as bai-sarf by the Islamic jurists It should also be noted that in Fiqh literature, bai-sarf implies exchange of gold or silver only whether these are currently being used as medium of exchange or not Exchange involving dinars and gold ornaments, both quality as bai-sarf Various jurists have sought to clarify this point and have defined sarf as that exchange in which both the commodities exchanged are in the nature of thaman, not necessarily thaman themselves Hence, even when one of the commodities is processed gold say, ornaments , such exchange is called bai-sarf. Proponents of the view that currency exchange should be treated in a manner similar to bai-sarf also derive support from writings of eminent Islamic jurists According to Imam Ibn Taimiya anything that performs the functions of medium of exchange, unit of account, and store of value is called thaman, not necessarily limited to gold silver Similar references are available in the writings of Imam Ghazzali5 As far as the views of Imam Sarakhshi is concerned regarding exchange involving fals, according to them, some additional points need to be taken note of In the early days of Islam, dinars and dirhams made of gold and silver were mostly used as medium of exchange in all major transactions Only the minor ones were settled with fals In other words, fals did not possess the characteristics of money or thamaniyya in full and was hardly used as store of value or unit of account and was more in the nature of commodity Hence there was no restriction on purchase of the same for gold and silver on a deferred basis The present day currencies have all the features of thaman and are meant to be thaman only The exchange involving currencies of different countries is same as bai-sarf with diff erence of jins and hence, deferred settlement would lead to riba al-nasia. Dr Mohamed Nejatullah Siddiqui illustrates this possibility with an example6 He writes In a given moment in time when the market rate of exchange between dollar and rupee is 1 20, if an individual purchases 50 at the rate of 1 22 settlement of his obligation in rupees deferred to a future date , then it is highly probable that he is in fact, borrowing Rs 1000 now in lieu of a promise to repay Rs 1100 on a specified later date Since, he can obtain Rs 1000 now, exchanging the 50 purchased on credit at spot rate Thus, sarf can be converted into interest-based borrowing lending.2 1 3 Defining Thamaniyya is the Key. It appears from the above synthesis of alternative views that the key issue seems to be a correct definition of thamaniyya For instance, a fundamental question that leads to divergent positions on permissibility relates to whether thamaniyya is specific to gold and silver, or can be associated with anything that performs the functions of money We raise some issues below which may be taken into account in any exercise in reconsideration of alternative positions. It should be appreciated that thamaniyya may not be absolute and may vary in degrees It is true that paper currencies have completely replaced gold and silver as medium of exchange, unit of account and store of value In this sense, paper currencies can be said to possess thamaniyya However, this is true for domestic currencies only and may not be true for foreign currencies In other words, Indian rupees possess thamaniyya within the geographical boundaries of India only, and do not have any acceptability in US These cannot be said to possess thamaniyya in US unless a US citizen can use Indian rupees as a medium of exchange, or unit of account, or store of value In most cases such a possibility is remote This possibility is also a function of the exchange rate mechanism in place, such as, convertibility of Indian rupees into US doll ars, and whether a fixed or floating exchange rate system is in place For example, assuming free convertibility of Indian rupees into US dollars and vice versa, and a fixed exchange rate system in which the rupee-dollar exchange rate is not expected to increase or decrease in the foreseeable future, thamaniyya of rupee in US is considerably improved The example cited by Dr Nejatullah Siddiqui also appears quite robust under the circumstances Permission to exchange rupees for dollars on a deferred basis from one end, of course at a rate different from the spot rate official rate which is likely to remain fixed till the date of settlement would be a clear case of interest-based borrowing and lending However, if the assumption of fixed exchange rate is relaxed and the present system of fluctuating and volatile exchange rates is assumed to be the case, then it can be shown that the case of riba al-nasia breaks down We rewrite his example In a given moment in time when the market rate of ex change between dollar and rupee is 1 20, if an individual purchases 50 at the rate of 1 22 settlement of his obligation in rupees deferred to a future date , then it is highly probable that he is in fact, borrowing Rs 1000 now in lieu of a promise to repay Rs 1100 on a specified later date Since, he can obtain Rs 1000 now, exchanging the 50 purchased on credit at spot rate This would be so, only if the currency risk is non-existent exchange rate remains at 1 20 , or is borne by the seller of dollars buyer repays in rupees and not in dollars If the former is true, then the seller of the dollars lender receives a predetermined return of ten percent when he converts Rs1100 received on the maturity date into 55 at an exchange rate of 1 20 However, if the latter is true, then the return to the seller or the lender is not predetermined It need not even be positive For example, if the rupee-dollar exchange rate increases to 1 25, then the seller of dollar would receive only 44 Rs 1100 convert ed into dollars for his investment of 50.Here two points are worth noting First, when one assumes a fixed exchange rate regime, the distinction between currencies of different countries gets diluted The situation becomes similar to exchanging pounds with sterlings currencies belonging to the same country at a fixed rate Second, when one assumes a volatile exchange rate system, then just as one can visualize lending through the foreign currency market mechanism suggested in the above example , one can also visualize lending through any other organized market such as, for commodities or stocks If one replaces dollars for stocks in the above example, it would read as In a given moment in time when the market price of stock X is Rs 20, if an individual purchases 50 stocks at the rate of Rs 22 settlement of his obligation in rupees deferred to a future date , then it is highly probable that he is in fact, borrowing Rs 1000 now in lieu of a promise to repay Rs 1100 on a specified later date Since, he can obtain Rs 1000 now, exchanging the 50 stocks purchased on credit at current price In this case too as in the earlier example, returns to the seller of stocks may be negative if stock price rises to Rs 25 on the settlement date Hence, just as returns in the stock market or commodity market are Islamically acceptable because of the price risk, so are returns in the currency market because of fluctuations in the prices of currencies. A unique feature of thaman haqiqi or gold and silver is that the intrinsic worth of the currency is equal to its face value Thus, the question of different geographical boundaries within which a given currency, such as, dinar or dirham circulates, is completely irrelevant Gold is gold whether in country A or country B Thus, when currency of country A made of gold is exchanged for currency of country B, also made of gold, then any deviation of the exchange rate from unity or deferment of settlement by either party cannot be permitted as it would c learly involve riba al-fadl and also riba al-nasia However, when paper currencies of country A is exchanged for paper currency of country B, the case may be entirely different The price risk exchange rate risk , if positive, would eliminate any possibility of riba al-nasia in the exchange with deferred settlement However, if price risk exchange rate risk is zero, then such exchange could be a source of riba al-nasia if deferred settlement is permitted7.Another point that merits serious consideration is the possibility that certain currencies may possess thamaniyya, that is, used as a medium of exchange, unit of account, or store of value globally, within the domestic as well as foreign countries For instance, US dollar is legal tender within US it is also acceptable as a medium of exchange or unit of account for a large volume of transactions across the globe Thus, this specific currency may be said to possesses thamaniyya globally, in which case, jurists may impose the relevant injunc tions on exchanges involving this specific currency to prevent riba al-nasia The fact is that when a currency possesses thamaniyya globally, then economic units using this global currency as the medium of exchange, unit of account or store of value may not be concerned about risk arising from volatility of inter-country exchange rates At the same time, it should be recognized that a large majority of currencies do not perform the functions of money except within their national boundaries where these are legal tender. Riba and risk cannot coexist in the same contract The former connotes a possibility of returns with zero risk and cannot be earned through a market with positive price risk As has been discussed above, the possibility of riba al-fadl or riba al-nasia may arise in exchange when gold or silver function as thaman or when the exchange involves paper currencies belonging to the same country or when the exchange involves currencies of different countries following a fixed exchang e rate system The last possibility is perhaps unIslamic8 since price or exchange rate of currencies should be allowed to fluctuate freely in line with changes in demand and supply and also because prices should reflect the intrinsic worth or purchasing power of currencies The foreign currency markets of today are characterised by volatile exchange rates The gains or losses made on any transaction in currencies of different countries, are justified by the risk borne by the parties to the contract.2 1 4 Possibility of Riba with Futures and Forwards. So far, we have discussed views on the permissibility of bai salam in currencies, that is, when the obligation of only one of the parties to the exchange is deferred What are the views of scholars on deferment of obligations of both parties Typical example of such contracts are forwards and futures9 According to a large majority of scholars, this is not permissible on various grounds, the most important being the element of risk and uncertaint y gharar and the possibility of speculation of a kind which is not permissible This is discussed in section 3 However, another ground for rejecting such contracts may be riba prohibition In the preceding paragraph we have discussed that bai salam in currencies with fluctuating exchange rates can not be used to earn riba because of the presence of currency risk It is possible to demonstrate that currency risk can be hedged or reduced to zero with another forward contract transacted simultaneously And once risk is eliminated, the gain clearly would be riba. We modify and rewrite the same example In a given moment in time when the market rate of exchange between dollar and rupee is 1 20, an individual purchases 50 at the rate of 1 22 settlement of his obligation in rupees deferred to a future date , and the seller of dollars also hedges his position by entering into a forward contract to sell Rs1100 to be received on the future date at a rate of 1 20, then it is highly probable that he is in fact, borrowing Rs 1000 now in lieu of a promise to repay Rs 1100 on a specified later date Since, he can obtain Rs 1000 now, exchanging the 50 dollars purchased on credit at spot rate The seller of the dollars lender receives a predetermined return of ten percent when he converts Rs1100 received on the maturity date into 55 dollars at an exchange rate of 1 20 for his investment of 50 dollars irrespective of the market rate of exchange prevailing on the date of maturity. Another simple possible way to earn riba may even involve a spot transaction and a simultaneous forward transaction For example, the individual in the above example purchases 50 on a spot basis at the rate of 1 20 and simultaneously enters into a forward contract with the same party to sell 50 at the rate of 1 21 after one month In effect this implies that he is lending Rs1000 now to the seller of dollars for one month and earns an interest of Rs50 he receives Rs1050 after one month This is a typical buy-back or repo repurchase transaction so common in conventional banking 10 3 The Issue of Freedom from Gharar 3 1 Defining Gharar. Gharar, unlike riba, does not have a consensus definition In broad terms, it connotes risk and uncertainty It is useful to view gharar as a continuum of risk and uncertainty wherein the extreme point of zero risk is the only point that is well-defined Beyond this point, gharar becomes a variable and the gharar involved in a real life contract would lie somewhere on this continuum Beyond a point on this continuum, risk and uncertainty or gharar becomes unacceptable11 Jurists have attempted to identify such situations involving forbidden gharar A major factor that contributes to gharar is inadequate information jahl which increases uncertainty This is when the terms of exchange, such as, price, objects of exchange, time of settlement etc are not well-defined Gharar is also defined in terms of settlement risk or the uncertainty surrounding delivery of the exchanged articles. Islamic scholars have identified the conditions which make a contract uncertain to the extent that it is forbidden Each party to the contract must be clear as to the quantity, specification, price, time, and place of delivery of the contract A contract, say, to sell fish in the river involves uncertainty about the subject of exchange, about its delivery, and hence, not Islamically permissible The need to eliminate any element of uncertainty inherent in a contract is underscored by a number of traditions 12.An outcome of excessive gharar or uncertainty is that it leads to the possibility of speculation of a variety which is forbidden Speculation in its worst form, is gambling The holy Quran and the traditions of the holy prophet explicitly prohibit gains made from games of chance which involve unearned income The term used for gambling is maisir which literally means getting something too easily, getting a profit without working for it Apart from pure games of chance, the holy prophet a lso forbade actions which generated unearned incomes without much productive efforts 13.Here it may be noted that the term speculation has different connotations It always involves an attempt to predict the future outcome of an event But the process may or may not be backed by collection, analysis and interpretation of relevant information The former case is very much in conformity with Islamic rationality An Islamic economic unit is required to assume risk after making a proper assessment of risk with the help of information All business decisions involve speculation in this sense It is only in the absence of information or under conditions of excessive gharar or uncertainty that speculation is akin to a game of chance and is reprehensible.3 2 Gharar Speculation with of Futures Forwards. Considering the case of the basic exchange contracts highlighted in section 1, it may be noted that the third type of contract where settlement by both the parties is deferred to a future date is forbi dden, according to a large majority of jurists on grounds of excessive gharar Futures and forwards in currencies are examples of such contracts under which two parties become obliged to exchange currencies of two different countries at a known rate at the end of a known time period For example, individuals A and B commit to exchange US dollars and Indian rupees at the rate of 1 22 after one month If the amount involved is 50 and A is the buyer of dollars then, the obligations of A and B are to make a payments of Rs1100 and 50 respectively at the end of one month The contract is settled when both the parties honour their obligations on the future date. Traditionally, an overwhelming majority of Sharia scholars have disapproved such contracts on several grounds The prohibition applies to all such contracts where the obligations of both parties are deferred to a future date, including contracts involving exchange of currencies An important objection is that such a contract involves sale of a non-existent object or of an object not in the possession of the seller This objection is based on several traditions of the holy prophet 14 There is difference of opinion on whether the prohibition in the said traditions apply to foodstuffs, or perishable commodities or to all objects of sale There is, however, a general agreement on the view that the efficient cause illa of the prohibition of sale of an object which the seller does not own or of sale prior to taking possession is gharar, or the possible failure to deliver the goods purchased. Is this efficient cause illa present in an exchange involving future contracts in currencies of different countries In a market with full and free convertibility or no constraints on the supply of currencies, the probability of failure to deliver the same on the maturity date should be no cause for concern Further, the standardized nature of futures contracts and transparent operating procedures on the organized futures markets15 is believed t o minimize this probability Some recent scholars have opined in the light of the above that futures, in general, should be permissible According to them, the efficient cause illa , that is, the probability of failure to deliver was quite relevant in a simple, primitive and unorganized market It is no longer relevant in the organized futures markets of today16 Such contention, however, continues to be rejected by the majority of scholars They underscore the fact that futures contracts almost never involve delivery by both parties On the contrary, parties to the contract reverse the transaction and the contract is settled in price difference only For example, in the above example, if the currency exchange rate changes to 1 23 on the maturity date, the reverse transaction for individual A would mean selling 50 at the rate of 1 23 to individual B This would imply A making a gain of Rs50 the difference between Rs1150 and Rs1100 This is exactly what B would lose It may so happen that the exc hange rate would change to 1 21 in which case A would lose Rs50 which is what B would gain This obviously is a zero-sum game in which the gain of one party is exactly equal to the loss of the other This possibility of gains or losses which theoretically can touch infinity encourages economic units to speculate on the future direction of exchange rates Since exchange rates fluctuate randomly, gains and losses are random too and the game is reduced to a game of chance There is a vast body of literature on the forecastability of exchange rates and a large majority of empirical studies have provided supporting evidence on the futility of any attempt to make short-run predictions Exchange rates are volatile and remain unpredictable at least for the large majority of market participants Needless to say, any attempt to speculate in the hope of the theoretically infinite gains is, in all likelihood, a game of chance for such participants While the gains, if they materialize, are in the nature of maisir or unearned gains, the possibility of equally massive losses do indicate a possibility of default by the loser and hence, gharar.3 3 Risk Management in Volatile Markets. Hedging or risk reduction adds to planning and managerial efficiency The economic justification of futures and forwards is in term of their role as a device for hedging In the context of currency markets which are characterized by volatile rates, such contracts are believed to enable the parties to transfer and eliminate risk arising out of such fluctuations For example, modifying the earlier example, assume that individual A is an exporter from India to US who has already sold some commodities to B, the US importer and anticipates a cashflow of 50 which at the current market rate of 1 22 mean Rs 1100 to him after one month There is a possibility that US dollar may depreciate against Indian rupee during these one month, in which case A would realize less amount of rupees for his 50 if the new rate is 1 21, A w ould realize only Rs1050 Hence, A may enter into a forward or future contract to sell 50 at the rate of 1 21 5 at the end of one month and thereby, realize Rs1075 with any counterparty which, in all probability, would have diametrically opposite expectations regarding future direction of exchange rates In this case, A is able to hedge his position and at the same time, forgoes the opportunity of making a gain if his expectations do not materialize and US dollar appreciates against Indian rupee say, to 1 23 which implies that he would have realized Rs1150, and not Rs1075 which he would realize now While hedging tools always improve planning and hence, performance, it should be noted that the intention of the contracting party - whether to hedge or to speculate, can never be ascertained. It may be noted that hedging can also be accomplished with bai salam in currencies As in the above example, exporter A anticipating a cash inflow of 50 after one month and expecting a depreciation of doll ar may go for a salam sale of 50 with his obligation to pay 50 deferred by one month Since he is expecting a dollar depreciation, he may agree to sell 50 at the rate of 1 21 5 There would be an immediate cash inflow in Rs 1075 for him The question may be, why should the counterparty pay him rupees now in lieu of a promise to be repaid in dollars after one month As in the case of futures, the counterparty would do so for profit, if its expectations are diametrically opposite, that is, it expects dollar to appreciate For example, if dollar appreciates to 1 23 during the one month period, then it would receive Rs1150 for Rs 1075 it invested in the purchase of 50 Thus, while A is able to hedge its position, the counterparty is able to earn a profit on trading of currencies The difference from the earlier scenario is that the counterparty would be more restrained in trading because of the investment required, and such trading is unlikely to take the shape of rampant speculation 4 Summary Co nclusion Currency markets of today are characterized by volatile exchange rates This fact should be taken note of in any analysis of the three basic types of contracts in which the basis of distinction is the possibility of deferment of obligations to future We have attempted an assessment of these forms of contracting in terms of the overwhelming need to eliminate any possibility of riba, minimize gharar, jahl and the possibility of speculation of a kind akin to games of chance In a volatile market, the participants are exposed to currency risk and Islamic rationality requires that such risk should be minimized in the interest of efficiency if not reduced to zero. It is obvious that spot settlement of the obligations of both parties would completely prohibit riba, and gharar, and minimize the possibility of speculation However, this would also imply the absence of any technique of risk management and may involve some practical problems for the participants. At the other extreme, if the obligations of both the parties are deferred to a future date, then such contracting, in all likelihood, would open up the possibility of infinite unearned gains and losses from what may be rightly termed for the majority of participants as games of chance Of course, these would also enable the participants to manage risk through complete risk transfer to others and reduce risk to zero It is this possibility of risk reduction to zero which may enable a participant to earn riba Future is not a new form of contract Rather the justification for proscribing it is new If in a simple primitive economy, it was prevention of gharar relating to delivery of the exchanged article, in todays complex financial system and organized exchanges, it is prevention of speculation of kind which is unIslamic and which is possible under excessive gharar involved in forecasting highly volatile exchange rates Such speculation is not just a possibility, but a reality The precise motive of an economic unit enter ing into a future contract - speculation or hedging may not ascertainable regulators may monitor end use, but such regulation may not be very practical, nor effective in a free market Empirical evidence at a macro level, however, indicates the former to be the dominant motive. The second type of contracting with deferment of obligations of one of the parties to a future date falls between the two extremes While Sharia scholars have divergent views about its permissibility, our analysis reveals that there is no possibility of earning riba with this kind of contracting The requirement of spot settlement of obligations of atleast one party imposes a natural curb on speculation, though the room for speculation is greater than under the first form of contracting The requirement amounts to imposition of a hundred percent margin which, in all probability, would drive away the uninformed speculator from the market This should force the speculator to be a little more sure of his expectations by being more informed When speculation is based on information it is not only permissible, but desirable too Bai salam would also enable the participants to manage risk At the same time, the requirement of settlement from one end would dampen the tendency of many participants to seek a complete transfer of perceived risk and encourage them to make a realistic assessment of the actual risk Notes References 1 These diverse views are reflected in the papers presented at the Fourth Fiqh Seminar organized by the Islamic Fiqh Academy, India in 1991 which were subsequently published in Majalla Fiqh Islami, part 4 by the Academy The discussion on riba prohibition draws on these views.2 Nabil Saleh, Unlawful gain and Legitimate Profit in Islamic Law, Graham and Trotman, London, 1992, p 16.3 Ibn Qudama, al-Mughni, vol 4, pp 5-9.4 Shams al Din al Sarakhsi, al-Mabsut, vol 14, pp 24-25.5 Paper presented by Abdul Azim Islahi at the Fourth Fiqh Seminar organized by Islamic Fiqh Academy, India in 1991.6 Paper by Dr M N Siddiqui highlighting the issue was circulated among all leading Fiqh scholars by the Islamic Fiqh Academy, India for their views and was the main theme of deliberations during the session on Currency Exchange at the Fourth Fiqh Seminar held in 1991.7 It is contended by some that the above example may be modified to show the possibility of riba with spot settlement too In a given moment in time when the market rate of exchange between dollar and rupee is 1 20, if an individual purchases 50 at the rate of 1 22 settlement of his obligation also on a spot basis , then it amounts to the seller of dollars exchanging 50 with 55 on a spot basis Since, he can obtain Rs 1100 now, exchange them for 55 at spot rate of 1 20 Thus, spot settlement can also be a clear source of riba Does this imply that spot settlement should be proscribed too The fallacy in the above and earlier examples is that there is no single contract but multiple contracts of exchange occurring at different po ints in time true even in the above case Riba can be earned only when the spot rate of 1 20 is fixed during the time interval between the transactions This assumption is, needless to say, unrealistic and if imposed artificially, perhaps unIslamic.8 Islam envisages a free market where prices are determined by forces of demand and supply There should be no interference in the price formation process even by the regulators While price control and fixation is generally accepted as unIslamic, some scholars, such as, Ibn Taimiya do admit of its permissibility However, such permissibility is subject to the condition that price fixation is intended to combat cases of market anomalies caused by impairing the conditions of free competition If market conditions are normal, forces of demand and supply should be allowed a free play in determination of prices.9 Some Islamic scholars use the term forward to connote a salam sale However, we use this term in the conventional sense where the obligations of both parties are deferred to a future date and hence, are similar to futures in this sense The latter however, are standardized contracts and are traded on an organized Futures Exchange while the former are specific to the requirements of the buyer and seller.10 This is known as bai al inah which is considered forbidden by almost all scholars with the exception of Imam Shafii Followers of the same school, such as Al Nawawi do not consider it Islamically permissible.11 It should be noted that modern finance theories also distinguish between conditions of risk and uncertainty and assert that rational decision making is possible only under conditions of risk and not under conditions of uncertainty Conditions of risk refer to a situation where it is possible with the help of available data to estimate all possible outcomes and their corresponding probabilities, or develop the ex-ante probability distribution Under conditions of uncertainty, no such exercise is possible The definition o f gharar, Real-life situations, of course, fall somewhere in the continuum of risk and uncertainty.12 The following traditions underscore the need to avoid contracts involving uncertainty. Ibn Abbas reported that when Allah s prophet pbuh came to Medina, they were paying one and two years advance for fruits, so he said Those who pay in advance for any thing must do so for a specified weight and for a definite time. It is reported on the authority of Ibn Umar that the Messenger of Allah pbuh forbade the transaction called habal al-habala whereby a man bought a she-camel which was to be the off-spring of a she-camel and which was still in its mother s womb.13 According to a tradition reported by Abu Huraira, Allah s Messenger pbuh forbade a transaction determined by throwing stones, and the type which involves some uncertainty. The form of gambling most popular to Arabs was gambling by casting lots by means of arrows, on the principle of lottery, for division of carcass of slaughtered anima ls The carcass was divided into unequal parts and marked arrows were drawn from a bag One received a large or small share depending on the mark on the arrow drawn Obviously it was a pure game of chance.14 The holy prophet is reported to have said Do not sell what is not with you. Ibn Abbas reported that the prophet said He who buys foodstuff should not sell it until he has taken possession of it Ibn Abbas said I think it applies to all other things as well.15 The Futures Exchange performs an important function of providing a guarantee for delivery by all parties to the contract It serves as the counterparty in the exchange for both, that is, as the buyer for the sale and as the seller for the purchase.16 M Hashim Kamali Islamic Commercial Law An Analysis of Futures , The American Journal of Islamic Social Sciences, vol 13, no 2, 1996.Send Your Comments to Dr Mohammed Obaidullah, Xavier Institute of Management, Bhubaneswar 751 013, India. Jika Anda merasa tulisan di atas berguna, luangkan waktu barang 5 menit untuk menyebarkannya Terima kasih. Transaksi Pasar Valuta Asing.1 TRANSAKSI SPOT. Transaksi SPOT adalah transaksi yang melibatkan dua jenis mata uang yang berbeda dengan nilai yang telah disepakati Penyelesaian transaksi ini biasanya memakan waktu dua hari kerja setelah tanggal transaksi Misalnya sebuah bank menetapkan nilai tukar mata uang EURO terhadap US Dollar adalah 1 2235 1 2240 Ini berarti bank tersebut bersedia membeli US 1 pada harga 1 2235 dan bersedia menjual US 1 pada harga 1 2240 Perbedaan antara harga jual dan beli ini dikenal dengan istilah Spread Pada contoh diatas spread dari nilai tukar EUR USD adalah sebesar 1 2240 1 2235 5 point.2 TRANSAKSI FORWARD. Transaksi FORWARD adalah transaksi terjadi antara dua pihak yang meliputi mata uang dari dua negara yang berbeda Transaksi ini dapat dilakukan diluar bursa Over the Counter , berdasarkan suatu nilai tukar tertentu dan kesepakatan antara pihak-pihak yang bertransaksi yang dapat diubah oleh kedua pihak m elalui suatu kesepakatan dengan waktu jatuh tempo transaksi yang lebih panjang jika dibandingkan transaksi SPOT, waktu jatuh tempo pada umumnya berkisar antara 30, 90, 180 dan 360 hari.3 TRANSAKSI SWAP Transaksi Swap merupakan suatu transaksi yang merupakan pertukaran dua mata uang dalam sate periode waktu tertentu melalui mekanisme pembelian dengan tanggal spot sekaligus penjualan kembali di waktu yang akan datang dengan tanggal forward atau sebaliknya penjualan dengan tanggal forward serta pembelian kembali dengan tanggal spot Ai. Transaksi Pasar Valuta Asing Artikel Indonesia 4 5.Related Posts. Tips Forex Trading Bagi Pemula Bagi teman-teman yang ingin belajar forex hendaknya membaca terlebih dahulu Tips Trading Forex bagi pemula. Cara Mendaftar Forex Trading di InstaForex Kali ini kita akan membahas Cara Mendaftar Forex Trading di InstaForex InstaForex Trading merupakan.33 Alasan Memilih Instaforex sebagai Broker Kali ini kita akan membahas Alasan Memilih Instaforex sebagai Broker Ins taForex Trading merupakan salah satu. Seputar tentang Trading Forex Kali ini kita akan sedikit meriview seputar tentang trading forex, trading forex sebenarnya apa Dan kapang. Istilah Forex Trading Wajib diketahui Istilah-istilah dalam Forex Trading hukumnya wajib untuk diketahui bagi seorang trader Istilah forex trading akan. Hukum Forex Trading Menurut Pandangan Islam Update artikel kali ini Blog akan memberikan Info Forex yaitu bagaimana hukum Forex Trading menurut islam Bagi Anda yang mau bermain di bisnis forex trading tentunya penasaran dan ingin tahu sebenarnya hukum forex ini halal ataukah haram Sebenarnya hukum Forex ini tergantung dari cara bisnisnya sama halnya seperti di bisnis Multi Level Marketing Menurut fatwa MUI sendiri hukum Forex Trading itu di katakan halal jika memenuhi kriteria tertentu Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini. Seperti halnya bisnis MLM Multi Level Marketing , hukum bisnis Forex Trading dalam islam itu bisa dilihat dari cara dan mekanisme kerj anya Hukum bisnis forex trading itu dikatakan halal karena memang melakukan perdagangan jual beli mata uang asing Bisnis trading forex termasuk ke dalam kategori masalah hukum Islam yang kontemporer Hukumnya bersifat ijtihadiyyah yang masuk dalam ranah hukum fi ma la nasha fih tidak memiliki referensi hukum yang pasti Maka dari itu, untuk dapat mengelompokkannya ke dalam bisnis yang diperbolehkan atau dilarang menurut islam, perlu ada usaha yang lebih cermat, terutama dalam melihat pola dan mekanisme forex. Syariat Islam telah Allah Swt turunkan sebagai tuntunan hidup yang mengakomodir kebutuhan manusia sesuai dengan kekinian Al-quran dan hadits menyempurnakannya dengan mengetengahkan norma bisnis umum dan prinsif-prinsipnya yang tidak boleh dilanggar Prinsip umum trading forex disamakan dengan jual beli emas atau perak seperti yang berlaku pada masa Rasulullah, yakni harus dilakukan dengan kontan atau tunai naqdan agar bebas dari transaksi ribawi riba fadhl. Hadis Rasulullah memberikan penjelasan mengenai transaksi jual beli enam komoditi barang yang termasuk kategori berpotensi ribawi. Sabda Rasulullah saw Emas hendaklah dibayar dengan emas, perak dengan perak, barli dengan barli, sya ir dengan sya ir jenis gandum , kurma dengan kurma, dan garam dengan garam, dalam hal sejenis dan sama haruslah secara kontan yadan biyadin naqdan Maka apabila berbeda jenisnya, juallah sekehendak kalian dengan syarat secara kontan HR Muslim. Dengan berdasar pada hadis yang disebutkan di atas, dalam kitab al-Ijma , hal 58-59, Ibnu Mundhir membuat sebuah analagi tentang hukum forex menurut Islam Menurutnya, bisnis forex sama dengan pertukaran emas dan perak, yang dalam terminologi fiqih dikenal dengan istilah sharf yang keabsahannya telah disepakati para ulama Dengan demikian, emas dan perak sebagai mata uang dilarang ditukarkan dengan sejenisnya, misal Rupiah ditukarkan dengan Rupiah IDR atau Dolar kepada US Dolar USD , kecuali nilainya setara atau sama Jika hal ini dilakukan dikhawatirk an akan muncul potensi riba fadhl sebagaimana yang dilarang dalam hadits di atas. Namun, ketika jenisnya berbeda, seperti Rupiah ditukarkan ke Dolar atau sebaliknya, maka itu dapat dilakukan sesuai dengan harga pasar market rate yang berlaku saat itu dan harus kontan on spot taqabudh fi li berdasarkan kelaziman pasar taqabudh hukmi Perkara kontan dan tunai, sebagaimana dikemukakan Ibnu Qudamah dalam kitab al-Mughni, didasarkan pada kelaziman pasar yang berlaku, termasuk ketika penyelesaiannya settlement harus melewati beberapa jam karena harus melewati proses transaksi Adapun harga pertukarannya didasarkan atas kesepakatan penjual dan pembeli serta sesuai dengan market rate. Berdasarkan pembahasan tadi, fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 28 DSN-MUI III 2002 tentang Kegiatan Transaksi Jual-Beli Valas pada prinsipnya dibolehkan, asalkan memenuhi ketentuan sebagai berikut. Tidak untuk spekulasi untung-untungan. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga simpanan. Apabila transaksi dilakuk an terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama dan secara tunai attaqabudh dan. Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar kurs yang berlaku pada saat transaksi dilakukan dan secara tunai. JUAL BELI VALUTA ASING DAN SAHAM. Yang dimaksud dengan valuta asing adalah mata uang luar negeri seperi dolar Amerika, poundsterling Inggris, ringgit Malaysia dan sebagainya Apabila antara negara terjadi perdagangan internasional maka tiap negara membutuhkan valuta asing untuk alat bayar luar negeri yang dalam dunia perdagangan disebut devisa Misalnya eksportir Indonesia akan memperoleh devisa dari hasil ekspornya, sebaliknya importir Indonesia memerlukan devisa untuk mengimpor dari luar negeri. Dengan demikian akan timbul penawaran dan perminataan di bursa valuta asing setiap negara berwenang penuh menetapkan kurs uangnya masing-masing kurs adalah perbandingan nilai uangnya terhadap mata uang asing misalnya 1 dolar Amerika Rp 12 000 Namun kurs uang atau perbandingan nilai t ukar setiap saat bisa berubah-ubah, tergantung pada kekuatan ekonomi negara masing-masing Pencatatan kurs uang dan transaksi jual beli valuta asing diselenggarakan di Bursa Valuta Asing A W J Tupanno, et al Ekonomi dan Koperasi, Jakarta, Depdikbud 1982, hal 76-77.Dewan Syari ah Nasional Menetapkan FATWA TENTANG JUAL BELI MATA UANG AL-SHARF. Pertama Ketentuan Umum.1 Tidak untuk spekulasi untung-untungan.2 Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga simpanan.3 Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama dan secara tunai at-taqabudh.4 Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar kurs yang berlaku pada saat transaksi dan secara tunai. Kedua Jenis-jenis transaksi Valuta Asing.1 Transaksi SPOT, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valuta asing untuk penyerahan pada saat itu over the counter atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap s ebagai proses penyelesaian yang tidak bisa dihindari dan merupakan transaksi internasional.2 Transaksi FORWARD, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valas yang nilainya ditetapkan pada saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 2 24 jam sampai dengan satu tahun Hukumnya adalah haram, karena harga yang digunakan adalah harga yang diperjanjikan muwa adah dan penyerahannya dilakukan di kemudian hari, padahal harga pada waktu penyerahan tersebut belum tentu sama dengan nilai yang disepakati, kecuali dilakukan dalam bentuk forward agreement untuk kebutuhan yang tidak dapat dihindari lil hajah.3 Transaksi SWAP yaitu suatu kontrak pembelian atau penjualan valas dengan harga spot yang dikombinasikan dengan pembelian antara penjualan valas yang sama dengan harga forward Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir spekulasi.4 Transaksi OPTION yaitu kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unit valuta asing pada harga dan jangka waktu atau tanggal akhir tertentu Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir spekulasi. Ketiga Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Nah demikianlah Info Forex yaitu tentang hukum bisnis trading forex dalam islam yang perlu Anda ketahui, semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda yang sedang Belajar Forex Jika Anda belum tahu apa itu Forex, baca juga artikel tentang Pengertian Forex. Tags hukum forex trading dalam islam, trading forex menurut pandangan islam, apakah forex halal, apakah forex haram. Pengertian, Menghitung Transaksi Forward Valuta Asing. Definisi Transaksi Forward Valuta Asing. Transaksi forward adalah suatu transaksi pembelian dan penjualan mata uang atau valuta asing dengan kurs forward yang ditetapkan saat transaksi dilakukan Kurs forward berlaku untuk waktu yang akan datang future period antara 2 24 jam sa mpai dengan satu tahun Artinya penyerahan dana atau mata uang dilakukan di masa yang akan datang. Kurs forward ditentukan atau dihitung berdasarkan kurs spot yang berlaku saat transaksi dengan mempertimbangkan perbedaan tingkat bunga antara kedua mata uang yang ditransaksikan Dengan demikian kurs forward dapat lebih tinggi atau rendah daripada kurs spot Kurs forward dapat dihitung berdasarkan formula sebagai berikut. r 1 tingkat bunga mata uang 1, misal IDR. r 2 tingkat bunga mata uang 2, misal USD. n hari untuk n 360, atau n bulan untuk n 12.Contoh perhitungan kurs pada transaksi forward untuk tiga bulan kedepan. Kurs Spot USD IDR 11900 12 000.tingkat bunga untuk IDR tempo 3 bulan 14 per tahun. tingkat bunga untuk USD tempo 3 bulan 4 per tahun. Kurs Forward 12 000 14 4 x 3 12 x 12 000.Dari hasil perhitungan diketahui bahwa kurs forward lebih tinggi daripada kurs spot yang berlaku Transaksi untuk kontrak forward yang memakai kesepakatan kurs forward lebih tinggi daripada kurs spot disebut den gan forward premium sedangkan kontrak yang memakai kesepakatan kurs forward lebih rendah daripada kurs spot disebut dengan forward discount. Seorang Nasabah baru saja mendapat pinjaman jangka pendek, untuk tempo tiga bulan dengan nilai USD 1 000 Jatuh tempo pengembalian pinjaman adalah tiga bulan ke depan Uang pinjaman akan digunakan untuk pembayaran transaksi pembelian barang impor Nasabah mendatangi Bank X untuk melakukan transaksi forward tiga bulan Dengan data quotation sebagai berikut. Kurs Spot USD IDR 11900 12 000.Kurs Forward USD IDR 12 198 12 300.Jika nasabah setuju dengan quotation yang diberikan oleh pihak Bank X, maka transaksi forward dapat dilakukan dan masa berlaku kontrak transaksi adalah tiga bulan Artinya penyerahan mata uang oleh nasabah dilakukan tiga bulan yang akan datang Nasabah akan membeli Dollar Amerika dengan pembayaran menggunakan Rupiah Indonesia pada kurs forward jual yaitu USD IDR 12 300.Artinya ketika kontrak forward jatuh tempo, tiga bulan kemudian, nasab ah harus menyerahkan uang Rupiah Indonesia ke Bank X sebanyak. USD 1000 x IDR 12 300 USD IDR 12 300 000, dan. Pada saat yang sama pihak Bank X harus menyerahkan uang dollar sebesar USD 1000 kepada nasabah Pada kasus ini, berapun kurs spot untuk USD IDR pada saat kontrak forward jatuh tempo, nasabah hanya akan membeli Dollar Amerika dengan kurs USD IDR 12 300 Dalam hal ini nasabah akan terlindungi dari kerugian akibat kurs yang berfluktuasi. Pengertian Definisi Devaluasi Devaluasi dapat didefinisikan sebagai tindakan yang diambil oleh pemerintahan suatu Negara dengan menurunkan nilai mata. Pengertian Definisi Analisis terhadap mekanisme penawaran dan permintaan yang terjadi di pasar mata uang asing dapat menjelaskan bagaimana suatu kurs. Pengertian, Istilah Dan Definisi Bursa atau pasar valuta asing dapat diartikan sebagai suatu tempat atau wadah atau sistem yang disediakan untuk perusahaan. Definisi Transaksi Forward Valuta Asing Transaksi forward adalah suatu transaksi pembelian dan penjual an mata uang atau valuta asing dengan kurs forward. Pengertian Definisi Apresiasi Dan Depresiasi Kurs Valuta Asing Kurs berfluktuasi setiap saat sesuai dengan kondisi permintaan dan penawaran yang terjadi. Definisi Pasar Valuta Asing Pasar valuta asing atau sering disebut foreign exchange market atau pasar mata uang asing atau bursa valuta asing merupakan. Pengertian, Definisi Kurs Valuta Asing Secara sederhana, kurs mata uang asing atau biasa disebut kurs valuta asing adalah rasio nilai antara suatu. Pengertian Definisi Transaksi Dan Perdagangan Valas Perdagangan valuta asing tidak pernah berhenti selama jam kerja dunia masih buka Dua puluh e. Pengertian Definisi Permintaan Dan Penawaran Valuta Asing Analisis terhadap mekanisme penawaran dan permintaan yang terjadi di pasar valuta asing dapat.
No comments:
Post a Comment